Atraksi Seniman Laras Guntur Manunggal di Mojomulyo Kenalkan Jathilan kepada Warga Pati

Pati, infoseputarpati.com – Seni Jathilan adalah sebuah kesenian yang menyatukan unsur gerakan tari dengan magis. Jenis kesenian tersebut dipertunjukkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari anyaman bambu atau kepang. Kesenian yang juga sering disebut dengan nama jaran kepang ini dapat dijumpai di daerah-daerah Jawa, utamanya Yogyakarta.

Akan tetapi, kesenian jathilan sangat jarang dipertunjukkan di Kabupaten Pati. Sehingga mayoritas masyarakat Bumi Mina Tani belum familiar dengan seni tersebut.

Namun, rasa penasaran masyarakat Pati terobati pada Minggu (3/7/2022) lalu saat menghadiri acara Khaul Ki Ageng Imam Puro di Dusun Mojogerot Desa Mojomulyo Kecamatan Tambakromo. Di acara memperingati hari wafatnya Ki Ageng Imam Puro yang ke-16 itu mendatangkan paguyuban seni jathilan dari Sleman bernama Laras Guntur Manunggal.

Dewi Larasati Asrori Aidapati selaku keturunan Ki Ageng Imam Puro yang saat ini berdomisili di Yogyakarta mengatakan gelaran aksi seni jathilan di desa tersebut cukup mengenalkan jathilan kepada warga Pati, khususnya Desa Mojomulyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *