DKP Ungkap Stok Garam Menjelang Iduladha Masih Tercukupi

Pati, infoseputarpati.com – Jelang hari raya Iduladha, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa stok untuk beberapa bulan ke depan masih terpantau aman.

Hal tersebut dikarenakan stok garam petambak masih terbilang cukup banyak yang tersimpan di gudang penyimpanan garam.

“Stok garam di masyarakat masih bisa dicukupi oleh stock petambak yang masih tersimpan di gudang penyimpanan, sampai beberapa bulan kedepan,” ucap Ari Wibowo saat ditemui di kantornya, Senin (4/7/2022).

Walaupun stok garam masih mencukupi untuk beberapa bulan ke depan, Ari Wibowo selaku Kepala Seksi (Kasi) Pugar DKP Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa petambak garam sejak dari April belum bisa memaksimalkan produksinya, dikarenakan curah hujan yang masih cukup tinggi hingga bulan Juli Tahun 2022.

Sejak bulan April masih belum ada produksi, karena masih sering turun hujan, bahkan sampai menjelang Iduladha masih turun hujan,” jelasnya.

Kemudian untuk saat ini, melalui survei yang ia lakukan di lapangan, pihak petambak garam sudah mulai menata lahan garapannya untuk memulai memproduksi garam pada musim berikutnya.

“Untuk kondisi saat ini, para penambak garam di lapangan sudah mulai proses penataan lahan, untuk persiapan musim depan,” papar lelaki bertubuh tinggi itu.

Sebagai informasi, sebelumnya diketahui, bahwa tingkat produksi garam oleh para petambak di Kabupaten Pati memang mengalami penurunan.

Adapun hal pertama yang menjadi faktor penurunan produksi garam di Kabupaten Pati menurut pemaparan dari Ari Wibowo adalah cuaca yang memang tak bersahabat dengan para petambak.

Prediksinya, jika curah hujan masih cukup tinggi dan kemarau belum juga datang, harga garam akan kembali melambung tinggi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *