Tips Atasi Komedo dengan Bahan Alami

Infoseputarpato.com – Kulit manusia sering kali mendapatkan beberapa masalah. Mulai dari kusam, jerawat, bahkan juga komedo.

Komedo biasanya muncul di area hidung dan pipi. Masalah kulit ini adalah pembentukkan sel kulit yang mati, dimana produksi kelenjar minyak pada kulit juga berlebihan.

Keberadaan komedo sering dipicu dengan kelembaban udara, dan udara panas bisa mempengaruhi keadaan kulit dan merangsang kelenjar minyak.

Perubahan hormon ini antara lain dapat terjadi karena memasuki masa pubertas, menstruasi, kehamilan, penggunaan pil KB, dan lain sebagainya. Penggunaan kosmetik berlebih juga dapat menghalangi pori-pori di kulit sehingga komedo dapat lebih mudah tumbuh.

Biasanya, untuk menghilangkan komedo, orang-orang sering menggunakan plester pencabut komedo atau pore pack. Namun, pemakaian pore pack ternyata bisa merangsang pertumbuhan komedo semakin subur.

Apabila kita sering memencet hidung, hal itu dapat menyebabkan iritasi pada hidung, dan membuka pori-pori semakin membesar. Nah untuk menghilangkan komedo, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami. Namun dibutuhkan kesabaran, konsistensi dalam perawatan.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo :

Madu

Madu dapat digunakan untuk membantu menjaga kulit lembab, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati. Selain itu, madu juga dapat membantu menghilangkan komedo. Caranya dengan mengoleskan madu pada kulit yang berkomedo, lalu biarkan selama 20 menit. Setelah itu, bilas masker madu dengan air jika sudah selesai. Lakukan perawatan ini secara teratur 3-4 kali seminggu.

Putih Telur

Putih telur memiliki sifat mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo. Dapat digunakan dengan mencampur putih telur dari 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon. Oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan jari atau kuas yang bersih dan lembut. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi masker sebagai tahap kedua. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat.

Mentimun

Mentimun dianggap sebagai bahan yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga bisa dijadikan sebagai solusi untuk menghilangkan komedo. Selain itu, timun juga menjadi pilihan untuk perawatan kulit lainnya, seperti mencerahkan kulit, memudarkan mata panda dan juga mengencangkan pori-pori.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengurangi komedi pada wajah. Dengan mencampurnya dengan garam. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencampurkan minyak zaitun dengan garam dengan perbandingan 2:1. Pilihlah garam yang halus agar tidak melukai kulit wajah. Setelah campuran yang dihasilkan halus, maka dapat langsung dioleskan pada wajah. Beri pijatan-pijatan pada wajah, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan air dingin. Perawatan ini tidak hanya menghilangkan komedo, namun juga dapat mengangkat sel kulit mati, mengatasi jerawat, menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Lidah Buaya

Sifat antibiotik yang ditemukan dalam lidah buaya membuanya dapat menangkal gangguan kulit. Lidah buaya juga dapat mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori, sehingga menjauhkan jerawat dan komedo. Anda bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berkomedo dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, cuci muka dengan air hangat.

Bahan-bahan di atas dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami yang tidak ada efek sampingnya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *