Kenali Bahaya Mengucek Mata, Sebabkan Kantung Mata hingga Kornea Berubah

Infoseputarpati.com – Banyak orang yang sering mengucek mata ketika merasakan gatal, tidak nyaman karena kemasukan benda yang tidak sesuai.

Ketika kelilipan, reflek mengucek mata. Merasa ngantuk dan setelah bangun tidur pun mengucek mata.

Namun, tahukah anda bahwa kegiatan tersebut dapat membahayakan bagi mata? Saat mengucek mata, tekanan pada mata itu bisa merangsang saraf vagus atau saraf yang berda di sekitar mata dan akan memperlambat denyut jantung yang bisa membantu mata kembali rileks.

Sering mengucek mata dapat berakibat buruk, diantaranya;

Kantung mata hitam

Sedikit yang tahu kalau mengucek mata ternyata bisa mengakibatkan kantung mata semakin hitam. Hal ini karena pembuluh darah semakin terlihat. Meskipun terlihat sederhana dan tidak mempunyai efek bagi kesehatan namun lingkaran hitam pada mata ini bisa mengganggu penampilan.

Infeksi mata

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Seperti memegang barang, kontak dengan hewan dan lainnya. Dari aktivitas itu sangat memungkinkan adanya bakteri yang berpindah ke tangan kita, sehingga tanpa kita sadari saat mengucek mata tanpa cuci tangan terlebih dahulu bakteri-bakteri itu akan sampai pada mata. Akibatnya, hal itu bisa memicu adanya infeksi mata.

Padahal, mata yang dilindungi dengan membrane lendir itu berfungsi menjaga kelembapan mata dan di situ menjadi tempat yang disukai bakteri sebagai tempat tinggalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *