Pentingnya NIB bagi Perintis Usaha

Infoseputarpati.com – Terbentuknya sebuah usaha tidak terlepas dari berbagai persyaratan yang dipenuhi, salah satunya yaitu perizinan usaha.

Bagi perintis usaha tentu berbagai macam urusan harus dilakukan untuk mencapai legalitas suatu usaha.

Hal itu berlaku pada pengusaha bisnis mikro, kecil, menengah atau bahkan pengusaha besar.

Untuk perizinan usaha, pelaku usaha perlu mengurus izin berusaha untuk memperoleh NIB (Nomor Induk Berusaha). Hal ini perlu dilakukan lantaran NIB memiliki beberapa manfaat.

Dilansir dari Detik, Ketua Tim Riset Grup Hukum Administrasi dan Energi Fakultas Hukum UNS, Fatma Ulfatun Najicha memberikan penjelasan tentang manfaat-manfaat yang diterima oleh pelaku usaha setelah mengurus perizinan usahanya.

Menyimpan Data Perizinan dalam Satu Identitas

Fatma Ulfatun Najicha menerangkan bahwa dengan kepemilikan NIB, memungkinkan pelaku usaha mendapatkan akses yang lebih mudah untuk membuat izin lainnya, seperti operasional atau komersial.

“Pelaku usaha tidak perlu membawa berkas persyaratan yang begitu banyak untuk mengurus perizinan. Cukup dengan menggunakan NIB sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan disertai dengan beberapa dokumen pendukung yang memang dibutuhkan. Dengan NIB, bisa mendapatkan akses untuk membuat izin lainnya, seperti operasional atau komersial,” terang Fatma.

Memperoleh Kelengkapan Berkas Usaha

Saat ini, pembuatan NIB dapat dilakukan secara online. Dengan demikian, UMKM juga akan memperoleh berkas atau dokumen lain yang akan dibutuhkan nantinya. Salah satu manfaat tersebut adalah dapat terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Selain itu, pelaku usaha akan mendapat notifikasi kelayakan untuk mendapatkan fasilitas fiskal, surat izin usaha, misalnya untuk izin usaha di sektor perdagangan atau SIUP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *