Pencak Silat Dapat Bangun Karakter Anak Bangsa Indonesia

Pati, Infoseputarpati.com – Siapa yang menyangka bahwa beladiri pencak silat mampu membangun karakter anak bangsa Indonesia. Diketahui sebelumnya, olahraga ini mengutamakan fisik dalam menghadapi tantangan.

Akan tetapi karakter tangguh, pemimpin, disiplin, bertanggung jawab pada hal apapun, menambah pola pikir, sekaligus mengajak untuk berfikir cepat setiap dihadapkan sebuah tantangan ke depannya.

Keterangan tersebut disampaikan oleh warga Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Pati, Suprayitno kepada Mitrapost.com.

“Tentunya beladiri pencak silat bukan hal yang melatih fisik maupun siap saja, tapi bisa membangun bahkan menciptakan karakter-karakter generasi muda penerus bangsa nantinya ke depannya,” kata Suprayitno.

“Karakternya sangat banyak sekali, seperti disiplin tepat waktu, disiplin hal apapun, membentuk tanggung jawab yang luar biasa ke depannya, menambah pola pikir anak bangsa, ditambah mengajak untuk berpikir memutuskan secara cepat dalam artian tepat saat menghadapi tantangan-tantangan ke depannya,” sambungnya.

Ia menilai di Kabupaten Pati saat ini banyak peminat mulai dari anak muda hingga para remaja yang ingin mengikuti pelatihan maupun kegiatan beladiri pencak silat, utamanya di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Pati.

Disebutkannya, pencak silat merupakan budaya warisan para leluhur atau nenek moyang yang patut dijaga dan dilestarikan.

Dengan mengikuti pelatihan beladiri pencak silat, apa yang diinginkan oleh para penerus bangsa bisa dibangun sekaligus diterapkan pada beladiri pencak silat.

“Ingin dan harapan peminat beladiri pencak silat banyak diminati oleh generasi bangsa, biar karakter ada yang belum didapatkan di sekolah biar didapatkan, dibangun di luar sekolah seperti ini contohnya,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *