Ukur Kesiapan Jaringan dan Operator Pra ANBK, Kemenag Pati Lakukan Uji Coba

Pati, infoseputarpati.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati kembali melakukan uji coba instrumen akademik pra Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Uji coba instrumen tersebut dimaksudkan untuk menguji stabilitas jaringan internet sekolah madrasah dan kesiapan para operator ANBK di masing-masing satuan pendidikan.

“di masing-masing madrasah ada operator. Kelompok kerja madrasah juga mengangkat operator untuk memantau madrasah. Itu juga akan kita uji,” Kata Ruhani saat ditemui di kantor Kemenag Pati kemarin.

Seperti tahun sebelumnya, ANBK tahun ini masih akan menerapkan dua skema, yakni full online dan semi online. Dimana semi online diterapkan untuk sekolah yang jaringan internetnya tidak Memadai.

“Itu memang online dipilih madrasah yang memang memiliki jaringan. Yang semi online yang jaringannya tidak kuat,” Jelas Ruhani.

Dari pantauan Kemenag, seluruh sekolah madrasah di Kabupaten Pati sudah tersambung internet dan memiliki fasilitas TIK.

Namun, jika masih ada madrasah yang tidak mempunyai jaringan internet atau akan disarankan, segera dapat menumpang ke sekolah yang memiliki infrastruktur tersebut.

Meski akan dilakukan dalam waktu dekat, Ruhani belum bisa memastikan kapan ANBK madrasah di Pati akan dilaksanakan.

Perlu diketahui, pelaksanaan ANBK bertujuan untuk mengukur kompetensi pada siswa terhadap berbagai bentuk informasi. Semua satuan pendidikan dapat melaksanakan program ini tanpa perlu mempertimbangkan status akreditasi. (*)

 

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *