Inovasikan Penguraian Sampah Organik, DLH Pati Kembangkan Budidaya Maggot

Pati, infoseputarpati.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati melakukan inovasi dengan mengembangkan budidaya maggot sebagai salah satu cara untuk mengurangi jenis sampah organik yang dihasilkan dari sisa makanan.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Persampahan dan Pertamanan, Ragil Nur Wahyudi mengatakan bahwa budidaya maggot tersebut sudah dilakukan pada bulan Januari tahun 2022 yang ditempatkan di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukoharjo Kecamatan Margorejo.

“Kalau beberapa cara kita telah upayakan demi mengurangi sampah di Pati, salah satunya itu sejak Januari itu kita budidayakan maggot untuk mengurangi sampah organik, buah-buahan itu mas,” katanya saat ditemui di kantornya pada Selasa, (2/8/2022).

Diketahui bahwasanya budidaya maggot tersebut dalam setiap harinya setidaknya dapat mengurai sampah dari jenis buah-buahan mencapai 120 Kg dari jumlah maggot yang ada.

Menurut pernyataan dari Seksi Pengawasan Pengangkutan Sampah, Noor Akhsan saat ditemui di lokasi tempat budidaya maggot, menjelaskan bahwa setiap 1 kg pupa maggot dapat mengurai sampah buah hingga 4 kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *