Alat Berat dan Truk Dump Dikerahkan untuk Bersihkan Material Banjir Bandang Desa Tunjungrejo

Pati, infoseputarpati.com – Sebuah alat berat bersama dengan beberapa truk dump diterjunkan oleh tim penanggulangan bencana ke lokasi banjir bandang yang terjadi di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso pada Selasa, (28/6/2022) pagi.

Dengan adanya alat berat berjenis Backhoe tersebut, diharapkan pembersihan material banjir bandang yang didominasi lumpur, kayu, dan bebatuan dapat berlangsung cepat.

Menurut pernyataan dari Camat Margoyoso, Agus Purwanto mengungkapkan bahwa adanya alat berat tersebut merupakan respon cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati atas terjadinya banjir bandang di wilayah Tunjungrejo.

“Kami bersama dengan tim penanggulangan bencana banjir kali telah melakukan koordinasi dengan beberapa OPD, salah satunya BPBD yang telah menerjunkan alat berat dari PUPR untuk mengangkut material banjir tadi malam,” katanya saat ditemui oleh tim Mitrpost.com di posko bencana Desa Tunjungrejo pada Selasa, (28/6/2022).

Diketahui, banjir bandang terjadi sekitar pukul 22.30 yang diakibatkan karena tanggul Sungai Sat yang jebol selebar 20-25 meter akibat tidak mampu membendung debit air.

Lebih lanjut, pihaknya menyampaikan dengan adanya alat berat, nantinya juga akan dipergunakan untuk membantu membuat tanggul sementara.

Ia mengungkapkan, bantuan lainnya guna penanganan bencana tersebut diantaranya 1.500 karung sandbag yang digunakan untuk menutup tanggul yang jebol.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Ketua Pasopati Kabupaten Pati. Ia berharap agar kepala desa se-Kecamatan Margoyoso dapat memberikan bantuan berupa tanah urug sebagai material penutup tanggul jebol.

“Jadi untuk beberapa bantuan penanganan selain alat berat juga ada 1.500 pics karung. Karena untuk membuat tanggul juga butuh karung, saya juga sudah telepon dengan ketua Pasopati, agar diinstruksikan para kepala desa bisa memberikan bantuan untuk tanah urugnya,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *