Manfaat Seledri untuk Perawatan Rambut

Infoseputarpati.com – Rambut rontok menjadi permasalahan berbagai orang, bahkan jika kerontokan ini parah akan menyebabkan kebotakan. Tentu hal ini akan mengurangi percaya diri dalam penampilan.

Ternyata terdapat cara alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut yang rontok, salah satunya yaitu sayur seledri.

Sebenarnya mengatasi rambut rontok selain menggunakan produk perawatan rambut yang tepat juga bisa diakali dengan bahan alami. Salah satunya menggunakan seledri.

Iya, enggak salah kok. Seledri yang biasa jadi taburan bakso kojek ini ampuh mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut. Bahkan produk-produk sampo dan hair lotion bayi pun banyak yang mengandung seledri kok.

Nutrisi seledri untuk rambut

dr.Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa seledri memiliki kandungan vitamin A, B, C serta mineral natrium dan kalsium yang mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Salah satu cara memanfaatkan seledri untuk mengatasi rambut rontok adalah dengan mengolahnya menjadi jus.

Kandungan vitamin A dan air disebut dr.Dyah sebagai modal utama untuk menghidrasi kulit kepala. Vitamin A juga membantu tubuh menghasilkan pertumbuhan rambut halus dan tekstur rambut yang baik.

Selain itu seledri juga memberi kekuatan pada akar rambut dari kandungan nutrisi seledri berupa mineral, vitamin, dan mikronutrein.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus seledri juga memiliki banyak khasiat terapeutik untuk mengurangi dermatitis seboroik atau kerombe.

Akan tetapi dr.Dyah menegaskan seledri saja tidak bisa mengatasi kebotakan karena harus diketahui juga penyebab kebotakan.

Cara membuat jus seledri

Ada dua cara memanfaatkan seledri untuk mengatasi rambut rontok, yakni dikonsumsi atau digunakan sebagai sampo atau masker rambut. Berikut langkah-langkahnya:

– Ambil beberapa batang seledri yang masih segar.

– Cuci seledri dengan air sampai bersih. Atau, bisa diawali dengan merendamnya pada air bersih selama beberapa menit.

– Potong cabang seledri menjadi potongan-potongan kecil.

– Masukkan potongan seledri ke dalam blender, da n tambahkan air sesuai kebutuhan.

– Blender seledri selama beberapa menit hingga halus.

– Saring jus seledri

Jus seledri selain dikonsumsi juga bisa digunakan untuk sampo. Caranya bersihkan dulu rambut dengan air lalu keringkan hingga setengah basah. Setelah itu gunakan jus seledri sebagai sampo, berikan pijatan pada kepala dan diamkan selama beberapa menit baru kemudian keramas dengan sampo yang biasa digunakan.

Selain berupa jus, seledri juga bisa langsung  dioleskan ke kulit kepala. Tumbuklah beberapa batang seledri hingga halus, lalu oleskan ke kulit kepala. Tunggu beberapa saat, lalu bilas hingga bersih. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca