Cara Menjaga Kesehatan Mata

Infoseputarpati.com – Kesehatan mata memegang peranan penting untuk kegiatan sehari-hari. Penglihatan yang jelas menjadi bekal untuk kemudahan kegiatan.

Namun, fungsi mata seiring waktu dan juga pertambahan usia dapat menurun. Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat.

  • Periksa rutin

Periksa mata secara rutin menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Periksa rutin juga dapat bertujuan untuk mengetahui adanya indikasi penyakit pada mata, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak hanya bagi orang dewasa, pemeriksaan mata juga perlu dilakukan pada anak- anak dan juga remaja, terutama di era yang serba digital.

Di mana, intensitas menatap layar komputer dan handphone semakin bertambah, yang juga berpengaruh pada kesehatan mata.

  • Konsumsi makanan bergizi

Untuk menjaga kesehatan mata dapat menkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega 3.

Nutrisi yang diperlukan mata juga bisa didapatkan dengan konsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang- kacangan, dan juga jeruk.

  • Batasi penggunaan handphone

Penggunaan handphone yang terlalu lama juga dapat menyebabkan mata menjadi lelah. Selain itu, juga dapat menyebabkan sakit kepala, nyeri leher, mata kering, dan pandangan menjadi kabur.

Bagi yang bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya istirahatkan mata setiap 20 menit sekali.

Jika mata mulai kering, berikan tetes mata atau kedipkan mata beberapa kali.

  • Hindari paparan sinar ultraviolet

Sinar ultraviolet memiliki dampak yang berbahaya bagi mata. Bahkan, paparan sinar ultraviolet yang terlalu sering dapat mengakibatkan katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, dan kanker mata.

Untuk menghindari mata dari sinar ultraviolet dapat menggunakan kacamata hitam atau topi ketika beraktivitas di luar ruangan siang hari.

  • Olahraga rutin

Olahraga rutin juga dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan mata. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga dapat menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *