4 Kisah Misteri Kali Ciliwung, dari Buaya Buntung hingga Hantu Noni Belanda

Infoseputarpati.com – Cerita misteri mengenai Kali Ciliwung terus menggema di kalangan masyarakat sampai saat ini. Sungai yang dulu mengalir jernih kini menjadi keruh, menjadi tempat tersimpannya kisah-kisah gaib. Narasi ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan dianut sebagai kepercayaan oleh penduduk yang tinggal di sekitar Kali Ciliwung. Di bawah ini disajikan 4 kisah misteri Kali Ciliwung yang telah dihimpun dari berbagai sumber.

1. Buaya Buntung

Keberadaan buaya tak bersuara di aliran Kali Ciliwung. Berdasarkan keyakinan yang di anut, orang yang hilang dan terseret oleh arus di Ciliwung di yakini sebagai hasil ulah dari roh buaya yang mendiam di dalam sungai tersebut. Menurut laporan berbagai sumber, seorang saksi mata yang pernah mengaku melihat buaya tak berwujud ini menyatakan bahwa buaya tersebut takkan mengganggu kecuali ada orang yang mengusiknya. Cerita lainnya menyebutkan bahwa legenda tentang buaya tanpa suara ini telah menjadi cerita turun-temurun yang di wariskan oleh leluhur. Katanya, buaya ini dulunya di miliki oleh seorang warga keturunan Arab yang hidup pada masa lalu.

2. Istana Buaya

Bencana banjir yang berulang akibat meluapnya Kali Ciliwung sering kali menyebabkan hilangnya nyawa. Di kalangan masyarakat, terdapat legenda yang terkait dengan hal ini. Di percaya bahwa di bawah jembatan Kampung Melayu, Jalan Abdullah Syafei. Arus Kali Ciliwung mengandung sebuah istana bagi buaya. Orang-orang setempat menyebut tempat ini sebagai Kedung Buaya. Sesuai cerita yang beredar, saat terjadi banjir besar, di yakini itu merupakan pertanda bahwa buaya putih sedang naik ke permukaan.

3. Sering Terdengar Suara Gamelan

Pada masa lalu, Jawa Barat menjadi terkenal sebagai pusat kerajaan Pajajaran. Seringkali terdengar cerita bahwa di daerah Ciliwung, khususnya di bawah jembatan Sempur, sering terdengar bunyi gamelan atau alat musik karinding (yang khas untuk musik Sunda). Penduduk setempat percaya bahwa area ini dulu merupakan tempat para raja dari kerajaan Pajajaran beristirahat pada zaman dahulu.

4. Hantu Marrie

Tak hanya tentang buaya buntung, cerita gaib juga melingkupi Kali Ciliwung, termasuk legenda tentang hantu seorang perempuan Belanda bernama Marrie. Cerita mistis ini di ceritakan secara turun-temurun oleh masyarakat yang tinggal di sekitar muara Ciliwung. Marrie adalah seorang bangsawan Belanda yang merasakan cinta terhadap seorang pribumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *