5 Fakta Keris Condong Campur, Pusaka Majapahit Melegenda dan Misterius

Infoseputarpati.comKeris Condong Campur merupakan salah satu keris warisan yang menjadi sorotan utama dalam cerita legenda dan folklor Kerajaan Majapahit. Juga dikenal sebagai Kanjeng Kyai Condong Campur, keris ini memiliki identitas khusus dan memuat filosofi yang unik. Mari kita telusuri dengan lebih mendalam lima informasi menarik tentang keris yang mengundang perhatian ini.

1. Keunikan Bentuk dan Filosofi

Keris Condong Campur menampilkan desain dapur keris yang datar dengan bilah berukuran sedang, dilengkapi dengan hiasan kembang kacang, satu lambe gajah, dan satu elemen sogokan di bagian depan. Panjang bilahnya mencapai ujung tanpa memiliki sogokan di belakang. Selain itu, keris ini juga memanfaatkan gusen dan lis-lis-an.

Nama “Condong Campur” memiliki signifikansi filosofis yang dalam. “Condong” merujuk pada suatu kemiringan atau arah tertentu, yang mencerminkan kecenderungan atau niat. Di sisi lain, “Campur” menggambarkan penyatuan atau penggabungan. Dengan demikian, Keris Condong Campur melambangkan aspirasi untuk menggabungkan perbedaan dan mencapai harmoni dalam keragaman.

2. Sejarah dan Filosofi Kerajaan Majapahit

Keris Condong Campur memiliki kaitan dengan sejarah dan filsafat Kerajaan Majapahit. Pada masa puncak kejayaannya, terdapat perbedaan yang signifikan dalam masyarakat, termasuk perbedaan agama, budaya, dan kasta. Golongan pertama terdiri dari individu yang memiliki kekayaan, para pedagang, dan para pejabat, sementara golongan kedua terdiri dari orang-orang dari lapisan sosial yang lebih rendah yang merasa terabaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *