Bukan Prokes, Ini Alasan Kenaikan Tarif Umrah

Pati, infoseputarpati.com – Biaya umrah di masa pandemi melambung, bukan karena protokol kesehatan Covid-19. Kenaikan ini disebabkan naiknya pemungutan pajak Kerajaan Arab dan naiknya harga minyak dunia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Asrori, CEO Istiqomah Baraka Utama, penyedia layanan travel dan umrah dari Pati, Jawa Tengah. Menurutnya, protokol kesehatan hanya bagian kecil dari kenaikan harga umrah.

Jelasnya, tahun ini Kemenag menetapkan biaya referensi umrah terendah sebesar Rp28 juta. Hal tersebut dipengaruhi berbagai faktor. Diantaranya, Pemerintah Saudi menaikkan pungutan pajak dari 5 persen sebelum pandemi menjadi 15 persen di Tahun 2022.

Kebijakan tersebut menuntut sektor ekonomi di Arab menaikkan harga-harga jual barang dan layanan.

“Yang paling terasa saat beli visa. Visa umumnya include atau bundel dengan bus dan BRN (booking reference number) dibundling harganya 235 dolar. Padahal dulu visa cuma 100 dolar. Pasca pandemi ini naik,” ujar Asrori kepada infoseputarpati.com, Kamis (25/8/2022).

Rata-rata harga perjalanan umrah dipatok menjadi tiga kelas, diantaranya Kelas reguler, menengah, dan premium.

Untuk kelas reguler, perjalanan umrah 9 hari saat ini dikenakan tarif Rp24-27 juta. Sementara untuk kelas menengah, dengan durasi perjalanan 9-12 hari dibanderol Rp27-30 juta. Dan untuk kelas premium durasi 9-19 hari dibanderol Rp31-35 juta.

“Jauh sekali sekarang. Padahal di tahun 2018 pernah kita buat pame 15 hari bintang 5, hanya Rp28.500.000 sekarang mungkin Rp36-37 juta” ujarnya.

Selain naiknya pajak, kenaikan biaya umrah juga dipengaruhi oleh kenaikan harga avtur atau bahan bakar pesawat secara global yang membuat harga tiket melambung juga menambah.

Dan terakhir, kenaikan juga disebabkan para pengusaha umrah yang menaikkan harga untuk recovery perusahaan.

“Soalnya kan dua tahun lalu kita mandek. Hidup segan mati tak mau. Kalau pelayanannya naik kita tidak naikkan, perusahaan tidak bisa bertahan,” tandas dia. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *