Disperkim Pati Ungkap Program Bedah RTLH Sudah Tersalurkan

Pati, infoseputarpati.com – Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati, Suhartono mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyalurkan semua program bedah Rumah Tak Layak Huni (RTLH) dalam bentuk material.

“Alhamdulillah, sudah tersalurkan semuanya material tersebut. Baik itu program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Program Pemberdayaan Masyarakat Berspektif Gender (P2MBG), program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM),” ujarnya.

Ia menambahkan, hanya ada dua rumah yang tidak disalurkan. Pasalnya, sudah ada yang dibantu oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan ada yang tidak bisa menyediakan swadaya.

“Yang satu dapat dana dari APBN sehingga tidak bisa double. Yang satunya lagi, dengan anggaran Rp15 juta dalam bentuk material tidak bisa menyediakan swadaya. Karena anggaran segitu tidak bisa jadi rumah. Harus punya swadaya. Dia tidak sanggup menyediakan swadaya maka ditarik,” jelasnya.

Menurutnya, anggaran yang dari APBD Kabupaten Pati untuk program bedah RTLH di tahun 2022 ada 30 unit, yang sudah tersalurkan ada 28 unit. Sehingga dua unit akan digeser di anggaran perubahan.

“Dari total program bedah RTLH dari APBD Kabupaten Pati ada 30 unit dan yang sudah tersalurkan ada 28 unit. Dua unit lagi nantinya akan digeser di anggaran perubahan,” sambungnya.

Lebih lanjut, program bedah RTLH dari TMMD ada 12 unit, P2MBG ada 6 unit, BBGRM ada 5 unit dan PKK ada 5 unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *