Sejumlah Masyarakat Gotong-royong Bersihkan Sampah yang Mengotori Sungai Juwana

Pati, infoseputarpati.com – Sungai Juwana kotor tercemar tumpukan sampah. Kondisi memprihatinkan itu kemudian direspon oleh Jaringan Masyarakat Peduli Sungai Juwana (Jampisawan) Kabupaten Pati dengan mengadakan gotong-royong memantau dan membersihkan sampah-sampah tersebut pada Jumat (19/8/2022).

Menurut temuan dari Jampisawan, sampah yang mengotori sungai tersebut didominasi sampah plastik. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Jampisawan, Ari Subekti.

“Berdasarkan hasil monitoring ini, kebanyakan sampah plastik yang ada di Sungai Juwana didominasi oleh pembungus produk dan botol plastik, serta wadah styrofoam makanan instan dari beraneka ragam merek,” jelasnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (20/8/2022).

Lebih lanjut, sampah-sampah plastik itu dalam kondisi menyangkut di hutan mangrove di kawasan hilir Sungai Juwana. Keadaan tersebut amat disayangkan lantaran merusak habitat ikan dan burung.

“Ada peluang ikan dan burung di lokasi itu terpapar microplastic yang berbahaya bagi manusia dan binatang,” terangnya.

Atas kondisi itu, Jampisawan ajak masyarakat dan pemerintah daerah (pemda) untuk melakukan gerakan bersih sungai secara rutin, berkala, dan berkelanjutan. Gerakan tersebut harus dilakukan secara bersama-sama.

“Pemerintah mengampanyekan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai,” imbuh Ari.

Ia menekankan agar pemda bertindak tegas menegakkan aturan hukum kepada pelaku yang nekat membuang sampah di bantaran sungai dan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *