Didominasi Perempuan, Jumlah Pencaker Usia Produktif di Pati Mencapai 8.300 Orang

Pati, infoseputarpati.com – Pencari kerja atau yang biasa disebut dengan pencaker dengan usia produktif di Kabupaten Pati mencapai 8.353 orang.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Pati, Bambang Agus Yunianto bahwa pencaker tersebut didominasi para kaum perempuan.

Melalui data yang disampaikan oleh Petugas Pengantar Kerja Muda Disnaker Kabupaten Pati Sukati, menunjukkan bahwasanya terdapat 4.383 perempuan dan 3.970 lainnya laki-laki.

“Untuk jumlah pencaker mungkin ya Mas terakhir itu ada sebanyak 8.300 sekian gitu. Kebanyakan memang perempuan,” katanya saat ditemui di kantornya, Kamis (18/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwasanya pencaker dengan pengangguran merupakan suatu hal yang berbeda.

Ia mengungkapkan, kalau jumlah pengangguran berbeda dengan jumlah pencaker, karena melalui data yang terhimpun pencaker adalah para pemuda usia produktif yang akan mencari pekerjaan.

Melalui informasi dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), usia produktif merupakan penduduk yang masuk rentan usia 15-64 tahun. Sehingga usia tersebut masih dikategorikan usia produktif untuk bekerja, baik di perusahaan atau instansi lainnya.

“Jadi beda ya Mas, kalau angka atau datanya itu. Pencaker itu usia produktif, yaitu mereka yang mencari kerja dan bisa bekerja di usia produktif, sedangkan pengangguran di dalamnya ada yang ibu rumah tangga, atau juga lansia,” terang Sukati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *