Batik Tulis Soneyan Miliki Filosofi Cerita yang Kental Akan Budaya Warisan Leluhur

Pati, infoseputarpati.com – Batik tulis asli Desa Soneyan, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, yang dicetuskan oleh Haryati pada tahun 2015 lalu, penuh dengan filosofi kebudayaan warisan leluhur.

Pasalnya, menurut Margi Siswanto selaku Kepala Desa (Kades) Soneyan, corak topeng dari batik tulis tersebut didapatkan dari inspirasi kebudayaan warisan leluhur yang ada di Desa Soneyan itu sendiri, yaitu Tari Topeng yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

“Motif topeng yang ada di batik ini filosofi atau inspirasinya dulu dari Tari Topeng yang berasal dari warisan leluhur kita di sini, dan tari topeng itu ada sejak dari ratusan tahun yang lalu,” ucap Margi saat ditemui infoseputarpati.com, Senin (15/8/2022) malam.

Batik topeng yang diberi nama Cahaya Bintang tersebut menurut pengakuan dari Margi sempat terjual dengan harga Rp1,5 juta per lembar dan dibeli oleh seseorang asal Semarang.

“Kemarin sebelum mengikuti Pragola festival, ada 1 batik full corak topeng dari kepala hingga kaki dibeli orang Semarang dengan harga Rp1,5 juta mas,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *