Pemkab Pati akan Genjot Program PTSL, Bupati Targetkan Selesai 3 Tahun Lagi

Pati, infoseputarpati.com – Program Pendftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), akan ditargetkan selesai oleh Bupati Pati Haryanto dalam jangka 3 tahun mendatang atau di tahun 2025.

Program yang diprakarsai oleh Presiden Indonesia Joko Widodo tersebut, akan terus digenjot oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati untuk mengoptimalkan tujuan program.

Dalam penyerahan sebanyak 313 sertifikat tanah di Desa Sukoharjo, Margorejo, Pati pada tanggal (12/8/2022) kemarin. Haryanto menjelaskan kenapa program PTSL tersebut baru akan selesai di tahun 2025 mendatang.

” Yang jelas program PTSL ini sempat terkendala karena kondisi pandemi Covid-19 selama kurang lebih 2 tahun. Akhirnya anggaran yang semestinya dipakai untuk proses sertifikat terkena refocusing, ” ucap Haryanto.

Kendati demikian, lanjutnya, Pemkab Pati terus berupaya dalam menyelesaikan program PTSL tersebut. Dan terus mempermudah pelayanan kepada masyarakat yang ingin mengikuti program PTSL.

” Sertifikat ini adalah bukti kepemilikan, yang saya dibantu oleh beliau (Kakantan Pati) menyerahkan sertifikat ini. Sejak ada program PTSL ini jumlahnya sudah ada ratusan ribu se-Kabupaten Pati. Dan rencananya nanti di tahun 2025 nanti sudah clear. Semuanya sudah bersertifikat, ” jelasnya.

Program PTSL tersebut menurut Haryanto sangat membantu masyarakat bawah, karena biaya yang dikeluarkan sangat rendah yaitu Rp 400.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *