Toko Tani Indonesia Center Untuk Stabilkan Harga Pangan di Pati

Pati, infoseputarpati.com – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) membuka Toko Tani Indonesia Center (TTIC). Toko ini difungsikan untuk menstabilkan harga pangan di Kabupaten setempat.

Toko Tani Indonesia Center berlokasi di belakang kantor Dinas Ketapang Pati, Jl Kiyai Haji Ahmad Dahlan, Pati Wetan, kecamatan Pati kota.

TTIC bukan perusahaan milik daerah (BUMD) dan tidak menelan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD), melainkan dikelola secara mandiri oleh Dinas Ketapang.

Dinas juga tidak menarik keuntungan hasil penjualan dari produk pangan yang dijual.

Tri Haryama, kepala Dinas Ketapang menjelaskan, ketidakstabilan harga pangan di pasar utamanya disebabkan permainan harga pasar oleh oknum tengkulak dan sisanya karena kelangkaan barang.

TTIC adalah wadah untuk menampung hasil bumi dari petani dengan harga yang stabil, sehingga petani Pati bisa menikmati hasil produksinya dengan harga sesuai harga pasar.

“TTIC untuk menstabilkan harga, itu bagian tupoksi usaha dinas, agar bisa menstabilkan harga kebutuhan pokok hasil bumi warga Pati. Supaya tengkulak tidak terlalu mempermainkan harga,” kata Tri Haryama saat ditemui di kantornya, Rabu (27/7/2022).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *