Dongkrak Perekonomian, Masyarakat Desa Klecoregonang Maksimalkan Peternakan Ayam Petelur

Pati, infoseputarpati.com – Warga Dusun Gonang dan Dusun Kleco, Desa Klecoregonang, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, memaksimalkan sektor peternakan ayam petelur, karena di daerah tersebut dirasa sangat menjanjikan keuntungan yang besar dengan mengandalkan peternakan ayam petelur.

Menurut Sekretaris Desa (Carik) Klecoregonang, Ahmadrukin mengatakan, jika sektor peternakan ayam petelur sebagai salah satu potensi di desanya, selain dari sektor pertanian.

Perkembangan sektor peternakan ayam ini sendiri, menurut Ahmadrukin baru berkembang sekitar beberapa tahun terakhir ini.

“Beberapa tahun ini di sana malah ternak ayam petelur ada beberapa kandang. Ada 3 kandang cukup besar milik masyarakat,” ucap Ahmadrukin, Senin (25/7/2022).

Sedangkan menurut pengakuan dari Giyarto, pengurus peternakan ayam petelur milik Mad Jaelani, setidaknya dirinya mengurusi 3000 ekor ayam petelur yang sangat produktif.

“Ini kandang milik Mad Jaelani, sekitar 3000 ekor. Saya disini hanya ABK (Anak Buah Kandang),” jelas Giyarto singkat.

Akan tetapi, menurut pemaparan Ahmadrukin, potensi yang paling besar di desanya adalah peternakan sapi, di samping juga ada peternakan kambing, Karena keberadaanya cukup banyak.

Pihak Pemerintah Desa Pun selalu mengimbau kepada masyarakatnya untuk senantiasa waspada dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, meski kasus di Desa Klecoregonang masih nihil.

“Selain pertanian ya memang peternakan, ada kambing juga. Tapi memang potensi marketing lebih besar sapi. Tapi untuk tahun ini ada kendala, karena adanya PMK ini ya. Masyarakat juga tahu kalau ada PMK, desa cuma bisa mengimbau untuk hati-hati,” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *