Cuaca Tak Menentu, DLH Pati Minta Masyarakat Tunda Menanam Mangrove

Pati, infoseputarpati.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati meminta masyarakat menunda menanam mangrove dalam dua bulan mendatang.

Perubahan iklim dan cuaca tak menentu, masih berpotensi menyebabkan gelombang tinggi di perairan yang bisa menghancurkan tanaman mangrove baru.

Eko Putranto fungsional pengendali dampak lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kabupaten Pati menganjurkan masyarakat menanam mangrove saat puncak musim kemarau atau sekitar Bulan September sampai November mendatang.

“Setelah kami ketemu, koordinasi dengan berbagai pihak sekarang belum layak menanam. Perkiraan bagusnya ketika musim panas pada akhir tahun ini akhir Septemberan,” kata Eko saat ditemui di kantornya kemarin.

Dijelaskannya, cuaca tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Umumnya, pertengahan tahun adalah waktu yang ideal menanam mangrove karena memasuki puncak musim kemarau.

Berbeda dengan tahun ini yang masih terdapat curah hujan tinggi. Terlebih bencana alam tepi laut seperti rob masih terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *