Masih Kondisi Pandemi, 73 Mahasiswa Undip Asal Pati KKN di Desa Masing-masing

Pati, infoseputarpati.com – Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sebanyak 73 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) asal Pati melaksanakan kegiatan pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama kurang lebih 40 hari di 11 kecamatan dan 22 desa yang ada di Kabupaten Pati.

Kedatangan para mahasiswa tersebut diterima oleh Bupati Pati Haryanto pada hari ini, Kamis (7/7/2022) di Pendopo Kabupaten Pati. Mereka akan melakukan kegiatan KKN di desanya masing-masing.

Adi Nugroho selaku perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Undip mengatakan bahwa seluruh peserta KKN adalah mahasiswa asli Pati.

” KKN model sekarang ini adalah KKN pulang kampung karena mereka ber-KKN di desanya masing-masing. Misal jika dia tinggalnya di Juwana ya KKN-nya di Juwana, ” ucap Adi saat ditemui awak media pasca menghadiri penyambutan kedatangan tersebut.

” Memang ada satu dua yang minta, artinya misal teman baiknya KKN di Juwana dia ikut itu dimungkinkan karena dia harus registrasi. Artinya 95 persen di wilayahnya sendiri. Kenapa itu masih dilakukan karena memang salah satu protokol di masa pandemi, ” sambungnya.

Akan tetapi, lanjutnya, tiap mahasiswa tidak diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan wajib syarat kelulusan tersebut di desanya sendiri. Tiap mahasiswa boleh mengajukan di desa lain karena sudah ada ketentuan tersendiri.

Kemudian menurut penjelasannya, dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh mahasiswa dan latar belakang program studi yang berbeda-beda diharap dapat membantu percepatan pembangunan desa. Terlebih tiap mahasiswa sudah mengetahui potensi di desanya masing-masing.

Berbagai program dari pemerintah yang belum terlaksana dengan baik di lingkup desa juga diharapkan dapat dibantu oleh para mahasiswa dengan program kerja (proker) yang akan dilaksanakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *