Ketersediaan Tutupan Lahan di Pati Masuk Dalam Kategori Rendah

Pati, infoseputarpati.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati menyebut, Indeks Kualitas Tutupan Lahan (IKTL) di Kabupaten Pati masuk dalam kategori buruk dengan poin 36,99.

Agus Setyaji, Kepala Bidang Penataan Lingkungan kantor DLH Pati mengatakan, buruknya indeks tersebut disebabkan karena luas lahan yang tertutup oleh pohon di Kabupaten Pati makin menipis.

“Pati ini punya lahan yang tertutup oleh kanopi tanaman persentasenya berapa. Pati akhirnya sekarang tutupan lahan melalui angka tadi. 36,99 kecil termasuk buruk,” ujar Agus kepada infoseputarpati.com saat ditemui di kantornya.

Meskipun demikian, menurut Agus, luasan tutupan lahan di Pati dalam kondisi riil masih stabil. Dibuktikan dengan perolehan indeks kualitas udara masih bagus dan tersedianya banyak taman hijau di berbagai titik.

Menurut dia, kecilnya indeks tutupan lahan di Pati turut dipengaruhi faktor teknis pengukuran. Tim verifikator tidak memasukkan area pemakaman menjadi lokasi pengukuran, padahal area tutupan hijau di wilayah tersebut cukup tinggi.

“Indexnya kita menurun karena pas satelit pengukur melintas pas ditebangi semua atau bagaimana. Kan kita punya hitungan, semuanya luasan yang tertutup berapa. Kuburan dan sawah tahun ini tidak dimasukkan, dilewati,” terang Agus.

Meski demikian, ke depan Kabupaten Pati masih memiliki pekerjaan rumah yang banyak terkait pemenuhan tutupan lahan. Agus mengimbau kepada warga untuk memperbanyak menanam pohon. Serta segera mengganti pohon baru setelah menebang pohon.

“Harus lebih banyak menanam tanaman. Elemen masyarakat kita tutupan lahan kita menurun. Taruhlah Sengon biasanya langsung ditebang. Oleh karenanya lahan berkurang,” tandas dia.

Indeks Kualitas tutupan lahan tersebut didapat dari pengukuran Kualitas Lingkungan Hidup dalam periode satu tahun oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

Adapun parameter pengukuran berdasarkan jumlah indeksnya ditentukan sebagai berikut. Untuk indeks 90-100 dikategorikan sangat baik, indeks 70-89,9 dikategorikan baik, indeks 50-69,9 dikategorikan sedang, indeks 25-49,9 dikategorikan buruk, dan indeks 0-24,9 dikategorikan sangat buruk. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *