Pentas Budaya Bloko Sutho di Juwana

Pati, Infoseputarpati.com – Masyarakat Juwana menggelar pementasan seni budaya Jawa bertema Bloko Sutho. Penyelenggaraan pentas tersebut ditujukan agar masyarakat mempunyai sikap berani dan jujur.

Sebagaimana diketahui bersama, Bloko Sutho berasal dari kata bahasa Jawa yang terdiri dari dua kata yakni Bloko dan Sutho. Bloko memiliki arti terus terang, jujur, balaka, bersahaja, blak-blakan, apa adanya dan sedangkan Sutho memiliki arti satu dan berani

Sehingga, Bloko Sutho diartikan dengan sikap seseorang yang terang-terangan jujur apa adanya dengan sebuah keberanian untuk tampil apa adanya. Terlebih identik dengan sifat tokoh pewayangan Bimo dari lima Pandawa.

Hal itu disampaikan oleh Suwardi selaku ketua panitia pentas seni di Desa Mintomulyo kepada media Mitrapost.com saat pementasan seni berlangsung.

“Kita mengambiI tema Bloko Sutho yang artinya sikap seseorang yang terang terangan apa adanya jujur blak-blakan satu bersatu, dengan sebuah keberanian untuk menjadikan itu tampil apa adanya,” kata Suwardi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *