Unik, Dusun Condro Winong Pati Hanya Dihuni 4 Kepala Keluarga

Pati, infoseputarpati.com – Dusun Condro, yang masih masuk di dalam Desa Karangsumber Kecamatan Winong Kabupaten Pati hanya dihuni 4 (empat) Kepala Keluarga (KK).

Menurut Mbah Sani (62), salah seorang sesepuh dusun tersebut mengatakan jika Dusun Condro sejak dari zaman dahulu memang tidak ada perkembangan penduduk.

Menurut mitos yang dijelaskan Mbah Sani, dari zaman dulu rumah di sana tidak boleh melebihi dari 7 (tujuh) rumah karena bila jumlah lebih dari itu dipercaya mendatangkan malapetaka. Maka dari itu, setiap ada keluarga baru pasti memilih keluar dari desa tersebut.

“Desa itu sudah ada sejak nenek moyang dulu, dan dusun itu (Condro), gak boleh lebih dari tujuh rumah, dan dulu pernah ada tujuh keluarga, namun sekarang tinggal empat keluarga,” ucap Sani, Jumat (19/8/2022).

Walaupun hanya berjumlahkan empat KK dan empat rumah di Dusun Condro tersebut, dirinya merasa tenang dan bahagia meski banyak warga yang telah pindah dari desa tersebut. Pasalnya banyak pemuda-pemudi dusun yang memilih meninggalkan perkampungan sunyi tersebut untuk memilih tinggal di wilayah ramai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *