Unik, Dusun Condro Winong Pati Hanya Dihuni 4 Kepala Keluarga

Pati, infoseputarpati.com – Dusun Condro, yang masih masuk di dalam Desa Karangsumber Kecamatan Winong Kabupaten Pati hanya dihuni 4 (empat) Kepala Keluarga (KK).

Menurut Mbah Sani (62), salah seorang sesepuh dusun tersebut mengatakan jika Dusun Condro sejak dari zaman dahulu memang tidak ada perkembangan penduduk.

Menurut mitos yang dijelaskan Mbah Sani, dari zaman dulu rumah di sana tidak boleh melebihi dari 7 (tujuh) rumah karena bila jumlah lebih dari itu dipercaya mendatangkan malapetaka. Maka dari itu, setiap ada keluarga baru pasti memilih keluar dari desa tersebut.

“Desa itu sudah ada sejak nenek moyang dulu, dan dusun itu (Condro), gak boleh lebih dari tujuh rumah, dan dulu pernah ada tujuh keluarga, namun sekarang tinggal empat keluarga,” ucap Sani, Jumat (19/8/2022).

Walaupun hanya berjumlahkan empat KK dan empat rumah di Dusun Condro tersebut, dirinya merasa tenang dan bahagia meski banyak warga yang telah pindah dari desa tersebut. Pasalnya banyak pemuda-pemudi dusun yang memilih meninggalkan perkampungan sunyi tersebut untuk memilih tinggal di wilayah ramai.

“Jika ada anak-anak muda atau penduduk sini, kini lebih memilih tinggal di keramaian (kota), supaya aksesnya lebih dekat, supaya lebih mudah berkomunikasi dan mendapatkan rizqi, karena di sini masyarakatnya mayoritas hanya bertani,” jelasnya.

Sani mengatakan jika suasana Dusun Condro tidak berubah sebagaimana suasana zaman dahulu, sepi dan sunyi.

“Kalau sesuai hitungan orang kuno, kembali ke zaman dulu lagi, karena hanya ada empat rumah, ” tutur pria renta tersebut.

Kendati demikian, dusun yang sangat terpencil tersebut sudah dialiri listrik sebagai penerangan. Di sana juga ada mushola untuk beribadah. Hanya saja, akses pendidikan cukup jauh karena untuk menuju ke sekolah terdekat harus menempuh jarak hingga 3 kilometer. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *