2 Trayek Kendaraan Umum di Pati Berhenti Beroperasi

Pati, infoseputarpati.com – Sejumlah trayek kendaraan umum di kabupaten Pati perlahan mati atau berhenti beroperasi. Tercatat masih ada beberapa trayek kendaraan umum yang masih beroperasi di kabupaten Pati saat ini.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pati, Teguh Widyatmoko mengatakan, trayek yang sudah sepenuhnya tidak lagi beroperasi lagi ada dua trayek.

“Trayek yang tidak lagi beroperasi di Pati diantaranya Pati-Winong dan Pati-Tambakromo,” katanya saat ditemui mitrapost.com di kantornya belum lama ini.

Sedangkan dalam data, trayek yang masih beroperasi saat ini hanya tercatat ada tiga trayek yang masih beroperasi. Dikatakan Teguh, trayek tersebut diantaranya trayek Pati-Trangkil, Pati-Juwana dan Juwana-Batangan.

Sepinya trayek yang ada di Pati, lanjut dia, sudah berlangsung beberapa tahun lalu. Menurutnya, sepinya pengguna angkutan umum atau kendaraan umum ini sudah terjadi sebelum adanya pandemi.

Faktor yang menyebabkan matinya sejumlah trayek ini, karena akibat dipermudahnya kepemilikan kendaraan umum. Sehingga kepemilikan banyak angka kendaraan pribadi menjadi naik drastis di Pati.

“Angkudes, Angkot dan Minibus agak sepi memang sekarang. Ini karena kepemilikan kendaraan baru yang dipermudah, jadi penumpang kendaraan umum menurun,” tandasnya.

Sepinya penumpang yang ada di Pati tidak hanya berdampak di dalam kota sendiri. Bahkan ada beberapa jurusan antar pulau juga terdampak.

“Yang ke Jakarta dan Sumatra juga mengalami penurunan secara signifikan. Ini karena kemudahan kendaraan baru itu,” terangnya.

Teguh menambahkan, dengan kondisi seperti ini, dikhawatirkan akan berdampak pada penghasilan daerah. Salah satunya pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari terminal yang dari waktu ke waktu juga mengalami penurunan.

“Ini juga berimbas ke PAD terminal juga nantinya. Karena terminal sejak pandemi tercatat mengalami penurunan 10 hingga 20 persen ya,” paparnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *