Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Paling Cepat Dibentuk Oktober

Pati, infoseputarpati.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati merencanakan akan membentuk badan Ad Hoc Pemilu 2024, pada Bulan Oktober 2022.

Seperti pemilu sebelumnya, Badan Ad Hoc pemilu terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

Supriyanto, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pati mengatakan bahwa di bulan Oktober baru rencana. Hingga kini belum ada petunjuk teknis (Juknis) yang pasti terkait tanggal dan mekanisme pembentukan ad hoc terbaru.

“Untuk tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu untuk pembentukan badan Ad Hoc masih belum diatur masih tunggu juknis. Kalau draft yang disiapkan kemari sekitar bulan Oktober,”jelasnya.

Pendaftaran Badan Ad Hoc pemilu 2024 nanti digelar secara terbuka. Semua golongan bisa ikut, baik yang berpengalaman maupun yang baru, sepanjang memenuhi persyaratan administrasi.

“Dalam sejarah kepemiluan di KPU badan Ad Hoc selalu membuka ruang seluas-luasnya bahkan ada pengaturan ada 2 kali periodesasi,” katanya.

Ditanya tentang besaran honor badan Ad Hoc, Supri belum bisa memastikan secara pasti lantaran masih menunggu Petunjuk Teknis terbaru.

Namun mengacu pada Juknis Pemilu terdahulu, rentang honor maksimum Badan Ad Hoc antara Rp1.300.000 hingga Rp2.500.000 per bulan.

Untuk rincian, bagi PPK tingkat kecamatan yang menjabat Ketua honornya Rp2,5 juta. Anggota Rp2,2 juta, Sekretaris Rp1,85 juta dan Pelaksana Rp1,3 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *