5 Hari Pembukaan Pendaftaran, KPU Pati: Parpol Minim Alami Kendala Teknis

Pati, infoseputarpati.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengaku belum mendapatkan aduan di helpdesk terkait kendala teknis pada Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU.

Supriyanto, selaku anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pati mengatakan hingga pekan ini helpdesk telah didatangi empat partai politik.

Keempat partai politik tersebut rata-rata dari partai baru. Selain menanyakan prosedur pendaftaran Parpol, partai pengguna helpdesk hanya melakukan konsultasi atau sekedar memperkenalkan diri di akan mengikuti Pemilu 2024.

Diakuinya, jelang 9 hari penutupan pendaftaran Parpol, KPU Pati juga tidak mendapatkan komplain atas kendala teknis aplikasi SIPOL.

“Dan layanan konsultasi SIPOL, belum ada yang menyatakan kendala di tingkat kab Pati. Kalau di Provinsi atau RI belum tahu. Sampai hari ini layanan helpdesk kita masih aktif,” ujar Supri kepada infoseputarpati.com, Jumat (5/8/22).

Supri menjelaskan, hingga kini sudah ada 40 partai politik yang sudah memiliki akses ke Sistem Informasi Partai politik (SIPOL), namun baru 8 partai yang mendaftarkan diri.

Meskipun minim aduan di awal pendaftaran, tidak menutup kemungkinan akan ada kendala ketika menjelang penutupan pendaftaran. Oleh karena itu, KPU akan tetap memantau selama proses tahapan pendaftaran berlangsung.

Pada Pemilu tahun ini, KPU Kabupaten dan Provinsi hanya menjadi fasilitator. Kepesertaan partai ditentukan sepenuhnya oleh KPU Pusat.