Kabupaten Pati Dapat Tambahan 4.000 Vaksin PMK

Pati, infoseputarpati.com – Kabupaten Pati mendapat tambahan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 4.000 dosis dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Vaksin-vaksin tersebut akan didistribusikan ke peternak hingga 27 Juli 2022.

“Kita sudah dapat tambahan vaksin lagi 4.000, kalau targetnya disalurkan hingga tanggal 27 Juli nanti,” hal ini diungkapkan oleh dr. Any Setyowati selaku koordinator penanganan PMK Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Jumat (22/7/2022).

Lanjutnya, ribuan vaksin hewan ternak ini akan diprioritaskan kepada kecamatan-kecamatan yang belum menerima vaksin PMK di tahap pertama.

Sementara, vaksinator akan diambilkan dari tenaga kesehatan hewan dari kantor-kantor Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) se-Kabupaten Pati.

“Kita salurkan ke semua Puskeswan se-Pati, nanti yang menentukan mau dipakai dimana, petugas puskeswan masing-masing yang menentukan sasarannya,” ujar Any kepada infoseputarpati.com.

Diberitakan sebelumnya bahwa pada tahap pertama, Kabupaten Pati telah menerima 4.000 dosis vaksin dan telah rampung disuntikkan sebelum hari raya Idul Adha.

Sama seperti penyuntikan di tahap pertama, penyuntikan vaksin tahap kedua juga akan diprioritaskan kepada ternak yang belum terpapar virus PMK.

Lanjut Eny, untuk menekan angka kasus PMK di Pati masih dibutuhkan vaksin yang lebih banyak mengingat populasi sapi di Kabupaten Pati mencapai ratusan ribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *