Jemaah Muhammadiyah Pati Gelar Sholat Ied di Stadion Joyokusumo Besok

Pati, infoseputarpati.com – Jemaah Muhammadiyah Kabupaten Pati akan menyelenggarakan sholat Idul Adha besok, Sabtu (9/7/2022). Untuk pertama kalinya di masa pandemi Covid-19, sholat Idul Adha tingkat pimpinan daerah (PD) akan dilaksanakan di Stadion Joyokusumo.

Muhammad Lukman selaku Wakil Unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pati sekaligus  Koordinator Majelis Tabligh dan Tarjih menyatakan penentuan perayaan Idul Adha ini berbeda dengan pemerintah yang menetapkan hari raya Idul Adha pada 10 Juli 2022.

Jemaah Muhammadiyah di Pati mengikuti penetapan pelaksanaan shalat Idul Adha berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah.

“Untuk masalah sholat Ied-nya bagi Muhammadiyah sudah menetapkan berdasarkan hisab itu sejak awal menjelang datangnya Ramadan. Karena itu, Muhammadiyah tetap pada keputusannya konsekuen menyelenggarakan sholat Idul Adha bersamaan dengan jemaah haji yang melaksanakan wukuf,” terang Lukman saat diwawancara infoseputarpati.com, Jumat (8/7/2022).

Kaitannya dengan pelaksanaan sholat  yang digelar di halaman parkir Stadion Joyokusumo, Lukman mengaku PD Muhammadiyah Pati telah mendapatkan persetujuan dari pemerintah daerah (pemda) setempat.

Tahun ini panitia juga tidak membatasi jumlah jemaah yang akan ikut sholat seperti tahun sebelumnya. Namun, tentunya penyelenggaraan sholat Ied tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi dibuka untuk umum bagi yang akan melaksanakan, biasanya bukan keluarga Muhammadiyah saja, pendatang atau orang yang safar juga. Tahun ini tidak ada persentase jemaah, kalau kemarin Idul Fitri memang ada,” ungkap Lukman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *