Sensus Penduduk Lanjutan di Pati 100 Persen, Data Baru Diolah

Pati, infoseputarpati.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pati telah menyelesaikan Long Form Sensus Penduduk 2020 atau Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Lanjutan. Sebanyak 16.208 rumah tangga telah disensus dalam program ini.

Kepala BPS Pati Anang Sarwoto mengatakan, data yang terkumpul saat ini sedang diolah dan diverifikasi.

“Sudah selesai 100%, kita mulai sensus Bulan Juni 2022. Saat ini masih dalam tahap pengolahan dan verifikasi data,” ujar Anang kepada Mitrapost. Com, Jumat (26/8/2022).

Dalam sensus lanjutan ini, BPS Pati mengerahkan ratusan petugas, terdiri dari 203 petugas pendata lapangan (PPL), 68 petugas koordinator tim (Kortim) dan 23 petugas Koordinator Sensus Kecamatan.

Agak Berbeda dengan sensus penduduk tahun 2020, sensus lanjutan ini bukan untuk menghitung jumlah penduduk, namun lebih kepada pemetaan distribusi penduduk dan karakteristik penduduk.

Data sensus yang diolah nantinya akan dijadikan evaluasi capaian pembangunan di bidang kependudukan pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). Yang dalam skala panjang akan digunakan untuk menentukan kebijakan pembangunan nasional menuju Indonesia Emas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *