Perlunya Peran Swasta untuk Pengentasan Kemiskinan Melalui Gerakan 1 OPD 1 Desa di Pati

Pati, infoseputarpati.com – Dalam agenda pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Pati melalui gerakan 1 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 1 Desa Dampingan, perlu adanya sinergitas dari pihak swasta sebagai upaya untuk menyukseskan gerakan tersebut.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati, Johannes Harnoko mengungkapkan perlu adanya keterlibatan lembaga maupun perusahaan swasta untuk membantu dalam hal pendanaan guna pembangunan di masing-masing desa tujuan.

Ia menjelaskan bahwa dalam gerakan yang merupakan inisiasi dari Pemerintah Gubernur Jawa Tengah tersebut, setidaknya membutuhkan pendanaan yang besar. Sehingga dengan jumlah Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati yang terbatas dirasa tidak mampu untuk membackup semua komponen dalam gerakan itu.

“Untuk program 1 OPD 1 Desa Dampingan ini tentunya tidak bisa kalau kemudian masing-masing OPD harus bertanggung jawab atas kebutuhan desa dampingan, mengingat pendanaan di OPD yang juga terbatas, maka perlu adanya peran serta swasta itu mas,” katanya kepada tim mitrapost.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *