Gelar Dialog Lintas Agama di Juwana, FKUB Beri Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama

Pati, infoseputarpati.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati menggelar Dialog Lintas Agama di Kantor Kecamatan Juwana hari ini, Rabu (24/8/22).

Acara yang mengumpulkan para tokoh agama se-eks Kawedanan Juwana itu diikuti oleh 75 peserta dari Kecamatan Juwana, Trangkil, Wedarijaksa, dan Batangan.

Ketua FKUB Pati, Ahmad Khoiron mengatakan acara ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antar umat beragama di Bumi Mina Tani.

“Kegiatan Dialog Lintas Agama itu kami mengumpulkan masyarakat se-eks Kawedanan Juwana untuk berdialog bersama. Karena Indonesia itu terdiri berbagai macam agama. Bukan hanya agama Islam yang ada di Indonesia. Kita pilih Juwana juga kan karena di sini masyarakatnya berbeda-beda kepercayaan,” ujar Khoiron dalam sambutannya.

Secara umum, dialog antar umat beragama membahas tentang moderasi beragama atau beragama jalan tengah. Memahami agama tidak fanatik dan tidak apatis.

Selain itu para peserta diskusi diberikan materi tentang wawasan kebangsaan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Khoiron dalam materinya menjelaskan, konflik keberagaman yang saat ini sering terjadi diakibatkan oleh para pemeluk agama yang kurang toleransi dan tidak menghargai agama lain.

Umat beragama diharapkan pintar bertenggang rasa agar tidak menimbulkan konflik antar umat beragama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *