Tekan AIDS, 8 Populasi Kunci Jadi Target Pemeriksaan HIV Oleh Dinkes Pati

Pati, infoseputarpati.com – Adanya peningkatan jumlah kasus HIV-AIDS di wilayah Kabupaten Pati yang cenderung bertambah, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati telah menentukan sebanyak 8 populasi kunci sebagai target pemeriksaan.

Pemeriksaan kedelapan kunci tersebut, dilakukan untuk menemukan lebih dini seseorang penderita HIV yang belum sampai dengan AIDS, melalui tes voluntary counseling and Testing (VCT) yang dilakukan rutin oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pati.

“Nah delapan Populasi Kunci ini kita jadikan target, sebagai cara untuk sedini mungkin menemukan kasus HIV, karena kalau sudah AIDS maka pengobatan akan semakin sulit,” kata Pengelola Program Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Dinkes Kabupaten Pati, Agus Irawan di kantornya.

Lebih lanjut, Ia yang juga didampingi bersama Kepala Dinkes, dr. Aviani Tritanti Venusia menyebutkan bahwa populasi kunci tersebut diantaranya dilakukan kepada Ibu Hamil (Bumil) usia 3 bulan pertama, pasien Tuberculosis (TBC), dan Orang penyandang IMS seperti Gonore, Harvest, dan Sipilis.

Selain itu, populasi kunci lainnya dilakukan kepada Wanita Pekerja Seks (WPS), Laki Seks Laki (LSL), Kaum Waria, Warga Binaan pemasyarakatan, dan juga Pengguna Narkoba Suntik.

“Diantaranya ya itu ibu hamil mas, yang masuk usia 3 bulan, lalu WPS, LSL juga. Dan Binaan Lapas karena dipenjara mungkin ingin mengeluarkan hasratnya maka disalurkan ke sesama warga binaan. Bagi penyandang IMS, Lalu juga Waria dan pengguna narkoba terutama suntik mas, jadi kedelapan kunci itu kita sisir,” jelasnya.

Sejauh ini dengan melakukan penerapan program tersebut, rata-rata setiap bulan pihaknya menemukan Orang Dengan HIV (ODHIV) kira-kira 20 hingga 21 orang.

Ia menyebutkan, hingga data per Juli 2022, berdasarkan data yang disampaikan setidaknya terdapat sebanyak 152 orang positif HIV dan AIDS di wilayah Kabupaten Pati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *