Jadi Prioritas Lulus, Disdik Imbau Tenaga K2 Ikut Tes PPPK Tahun Ini

Pati, infoseputarpati.com – Seleksi ASN PPPK guru tahun 2022 segera dimulai. Terjadi banyak perubahan prioritas passing grade di seleksi PPPK tahun ini.

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Pendidik (GTK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Ponco Sugiharto mengatakan bahwa pada seleksi PPPK 2022, tidak ada lagi peserta prioritas kategori 1, 2, dan 3 diganti hanya Prioritas 1 dan Prioritas 2.

Prioritas 1 lolos PPPK diisi guru yang sudah lulus passing grade, guru tenaga honorer K2 (THK-II), guru honorer sekolah negeri, guru sekolah swasta, dan lulusan PPG.

Sedangkan peserta prioritas 2 diisi oleh guru THK-II dan guru honorer yang mengajar di sekolah negeri minimal 3 tahun dan telah terdaftar di Dapodik.

Sayangnya, menurut Ponco pada seleksi PPPK tahap pertama dan kedua kemarin, masih banyak golongan honorer K2 Pati yang tidak ikut tes.

“untuk golongan K2 yang passing grade itu prioritas pertama. Sayangnya Ada K2 yang tidak ikut tes, karena dia yakin jadi PNS,” ujar Ponco kepada Mitrapost. Com saat ditemui di motornya.

Ponco menegaskan, jika saat ini sudah tidak ada pengangkatan ASN otomatis untuk golongan honorer K2. Aturan terbaru mewajibkan pegawai ASN harus direkrut berdasarkan seleksi, bukan hanya pengabdian.

“Tenaga K2 itu ada sejak 2005. Kalau K1 kemarin sudah diangkat otomatis karena ada aturannya. K2 sekarang maunya kayak K1 tapi kan sekarang aturan itu sudah tidak ada. Ada peluang ujian ASN kok tidak mau ikut,” Imbuhnya.

Menurutnya, masih ada golongan yang K2 tidak mau ikut ujian, lantaran takut tidak kuat bersaing dengan guru honorer muda.

“Alasan orang menggantungkan nasib. Oknum yang tidak mau rekoso, tidak mau sinau. Pemerintah inginnya pakai pegawai yang berkualitas. Kalau tidak mau bersaing cuma pembenaran sendiri,” imbuh Ponco.

Ia mengharapkan di seleksi PPPK tahun 2022 ini, golongan tenaga honorer K2 lebih semangat mengikuti ujian. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *