Optimalkan Kerja Buruh, Sarbumisi Pati akan Daftarkan 4 Basis ke Disnaker

Pati, infoseputarpati.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Pati secara bertahap akan melegalkan basisnya. Saat ini, pihaknya mencatat 17.500 anggota.

“Sudah ada 15 basis yang terbentuk. Kebetulan baru empat basis yang kami urus legalitasnya,” ujar Ketua DPC Sarbumusi Pati Husaini seusai mendaftarkan basis di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Rabu (3/8).

Empat basis terdiri atas kelompok buruh petani dari Jakenan, kelompok guru TPQ asal Pucakwangi, kelompok sopir atau Paguyuban Sopir Pati (PSP), dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Goa Pancur.

Dia menjelaskan, Sarbumusi mewadahi kelompok buruh formal dan informal. Petani, sopir, pekerja pariwisata dan berbagai sektor lain dapat bernaung dalam organisasi buruh yang menjadi badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) itu. Termasuk pekerja di media massa, menurutnya juga dapat menjadi basis Sarbumusi.

“Kebetulan saat ini kami lebih banyak menaungi kelompok pekerja yang berada di luar perusahaan. Sejalan dengan itu, kami tengah mengupayakan pembentukan basis buruh pada sejuah perusahaan besar di Pati . Sudah ada puluhan buruh yang sedang menyiapkan diri untuk berserikat dan bergabung dengan Sarbumusi,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *