Tahun Ini, 1.113 Disabilitas di Pati Terima Bansos Rp2 Juta

Pati, infoseputarpati.com – Pemerintah Kabupaten Pati tahun ini memfasilitasi bantuan sosial uang tunai sebesar Rp2 juta kepada 1.113 penyandang disabilitas di wilayah setempat.

Meski penerimanya sudah ribuan, sayangnya belum semua penyandang disabilitas di Pati tercover bantuan ini. Pasalnya, ada keterbatasan kemampuan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD).

Berdasarkan keterangan dari Plt Kabid Rehabilitasi dan Jaminan Sosial pada Dinsos Pati Tri Haryumi, hingga tahun 2022 Kabupaten Pati memiliki 7.195 orang berkebutuhan khusus.

“Kita masih mengklasifikasikan jenisnya. Ada empat kategori disabilitas yakni disabilitas, sensorik, intelektual, mental, dan fisik jumlahnya 7.195 orang. Tapi yang baru bisa kami bantu 1.1113 orang,” dipaparkan Tri Haryumi, Rabu (27/7/2022).

Program bantuan uang tunai jenis ini mulai digulirkan sejak tahun 2015. Jumlah penerimanya terus bertambah seiring kemampuan anggaran yang dimiliki Pemkab.

Di masa pandemi, alokasi anggaran Bansos untuk kaum disabilitas direfocusing. Dari sebelumnya, per orang mendapatkan Rp3 juta per tahun turun menjadi Rp2 juta per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *