Rumah Rusak Akibat Banjir Dapat Subsidi Bantuan, Disperkim Imbau Peran Aktif Desa

Pati, infoseputarpati.com – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Pati berharap peran aktif Kepala Desa beserta Perangkatnya dalam proses pengajuan rumah rusak akibat banjir dan bencana lainnya.

Hal demikian berkaitan dengan cepat atau lambatnya proses pencairan dana subsidi bantuan yang diberikan bagi korban bencana tersebut.

Melalui Kepala Bidang (Kabid) Perumahan, Suhartono mengungkapkan bahwasanya perlu adanya peran Pemerintah Desa setempat untuk melaporkan dengan mengajukan proposal perihal jumlah dan bentuk kerusakan yang dialami oleh korban.

“Cepat atau lambatnya itu juga berkaitan dengan pemdes atau kadesnya, maka perannya urgent, segera buat laporan dan segera hubungi kami, untuk kemudian kita tindak lanjuti,” tegasnya saat ditemui dikantornya belum lama ini.

Lebih lanjut, setelah mendapatkan laporan dari pemerintah desa, pihaknya akan melakukan verifikasi lapangan.

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi seberapa parah kerusakan dampak dari bencana. Dengan demikian, pihaknya baru bisa menentukan nominal yang layak bagi si Korban.

Ia menjelaskan bahwasanya bantuan subsidi yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Pati berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) nomor 32 tahun 2022 yakni nominal bantuan yang dapat diterima maksimal Rp 10 juta.

“Bukan hanya bencana banjir, tapi semua kerusakan rumah akibat dari bencana apapun itu bisa, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku nominal maksimal yang bisa diberikan hanya Rp10 juta, dan itu pasti kurang kalau melihat pas rumah yang parah gitu,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *