Pati Dapat 4 Ribu Dosis Vaksin PMK, Ini Ternak Yang Jadi Prioritas

Pati, infoseputarpati.com – Vaksin penyakit mulut dan Kuku (PMK) untuk hewan ternak akhirnya dialokasikan ke Provinsi Jawa Tengah. Pada pengalokasian tahap pertama, Kabupaten Pati mendapat jatah sebanyak 4.000 dosis.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Nikentri Meiningrum. Terangnya, Vaksin PMK ini sendiri merupakan fasilitas dari Kementerian Pertanian.

Diketahui, vaksin PMK tahap pertama mulai di-dropping Pemerintah Provinsi Jateng sejak Jumat, (24/6) dan akan disuntikkan kepada 4 ternak se Kabupaten Pati hingga Sabtu (2/7) mendatang.

“Kita 4000 dosis untuk per ekor kemarin dropping hari Jumat. Pelaksanaan Senin (27/6) sampai 2 Juli.Targetnya 4 ribu ekor,” ujar Niken saat diwawancarai awak media di sela kegiatan penyuntikan vaksin PMK ternak di Kecamatan Pucakwangi pada hari ini, Senin (27/6/22).

Lanjut Niken, ribuan vaksin ini akan diprioritaskan bagi sapi-sapi di peternakan pembibitan. Juga di daerah yang sebaran wabah PMK nya masih rendah.

“Semenrara tahapan pertama di 14 kecamatan ke lokasi di wilayah pembibitan. Hari ini Pucakwangi, lalu Tayu, Margoyoso, Dukuhseti. Untuk ternak bibit dan wilayah yang masih aman belum banyak (kasus PMK), untuk divaksin,” imbuh Niken.

Disebutkan bahwa hingga hari ini, kasus ternak terpapar PMK di Pati mencapai 2.700 ekor. Dengan angka kesembuhan cukup tinggi yakni 900 ekor. Sementara 1.800 ekor diantaranya masih menjalani masa karantina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *