Penggunaan Aplikasi M-Paspor Diklaim Efektif Bagi Masyarakat di Wilayah Kanim Pati

Pati, infoseputarpati.com – Dalam upaya melakukan peningkatan pelayanan publik bagi pemohon paspor di wilayah Indonesia, Direktorat Jendral Imigrasi telah meluncurkan aplikasi pembuatan paspor yang bisa dilakukan secara online bernama M-Paspor.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas 1 Non TPI Pati, Prihatno Juniardi mengungkapkan sejauh ini penggunaan aplikasi tersebut, cukup membantu dan efektif bagi masyarakat di wilayah Kanim Pati.

“Oh iya untuk M-Paspor sendiri sejauh ini penggunaannya cukup efektif ya, dalam artian masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor kecuali untuk perekaman dan pengambilan, tapi bisa langsung mengajukan melalui aplikasi tersebut,” katanya kepada infoseputarpati.com belum lama ini.

Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan perbedaan dengan permohonan offline dan online hanya pada pembayaran saja. Ia mengungkapkan apabila pemohon melakukan pangkuan melalui aplikasi maka pembayaran dilakukan terlebih dahulu.

Diketahui bahwasanya untuk biaya yang perlu dikeluarkan yakni, untuk paspor biasa sebesar Rp 350.000. Sedangkan untuk paspor elektronik sebesar Rp 650.000.

“Jadi tentunya juga akan dipermudah, kalau yang M-Paspor inikan bayarnya di awal ya, jadi sebagian masyarakat justru takut kalau kemudian nanti tidak jadi atau gimana gitu, padahal dengan semakin cepat dia melakukan pembayaran maka juga akan semakin cepat dilakukan pemrosesan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk dokumen yang perlu diunggah pada aplikasi tersebut juga sama dengan saat pendaftaran offline.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *