28 Ibu Rumah Tangga di Pati Terjangkit HIV

Pati, infoseputarpati.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr Aviani Tritanti Venusia didampingi petugas Pengelola Program Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Agus Irawan menyebutkan, terdapat 28 Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Pati yang terjangkit virus HIV-AIDS.

Pihaknya menjelaskan bahwa data tersebut dihimpun mulai dari awal Januari hingga Juli 2022 dari temuan melalui tes VCT yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Jadi untuk HIV-AIDS sesuai dengan data yang kami update terakhir itu, khusus untuk IRT itu ada 28 orang positif,” katanya kepada infoseputarpati.com, Jumat (26/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya juga menjelaskan bahwa IRT terjangkit setelah adanya penulusuran melalui hasil tes sang suami. Mengingat, para suami-suami tersebut telah melakukan aktivitas seksual tidak hanya pada satu pasangan saja.

“Nah, kok bisa IRT tertular, apakah karena IRT yang nakal? Bukan. Kita running bisa jadi penyebab dari sang suami atau pasangannya karena sering jajan atau lainnya,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *