Diyakini Sebagai Tanda Tolak Bala, Warga Desa Ketanggan Gelar Grebeg Suro

Pati, infoseputarpati.com – Lestarikan budaya lokal, para warga Desa Ketanggan Kecamatan Gembong Kabupaten Pati menyemarakkan acara Grebeg Suro dengan agenda pawai obor lamporan dan barongan mengelilingi setiap sudut desa.

Acara tersebut diikuti oleh para kaum muda-mudi Desa Ketanggan pada Sabtu (30/7/2022) malam. Meriahnya acara tersebut juga didukung penuh oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Ketanggan demi lestarinya budaya warisan leluhur.

Menurut Sony selaku Ketua Panitia acara, kegiatan tersebut sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19. Namun, kali ini kegiatan tersebut dapat digelar kembali.

“Acara ini sudah pernah kami gelar tiga kali sebelumnya, dan sempat terhenti ketika masa pandemi pada tahun 2020. Dan akhirnya ini bisa kami laksanakan kembali, ” ucap Sony saat ditemui di lokasi.

Lebih lanjut, Sony menambahkan bahwa acara pawai obor lamporan dan barongan sudah pernah ada sejak nenek moyang terdahulu.

“Sebenarnya acara pawai obor lamporan dan barongan sudah ada sejak nenek moyang kami, sebelum tahun 1990-an acara itu tidak pernah ada lagi, dan kami sebagai generasi penerus ini kami jalankan kembali sebagai agenda tahunan Desa Ketanggan, ” jelasnya.

Dalam filosofinya, Sony menjelaskan pawai obor lamporan dan barongan adalah cara nenek moyang menolak bala serta roh halus yang ada di desa tersebut.

“Acara pawai obor lamporan dan barongan ini sebenarnya pada zaman nenek moyang kami digunakan untuk menolak bala serta mengusir roh-roh halus yang mengganggu kehidupan masyarakat,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *