Kemenag Pati Terapkan Skenario Ketat dalam Penjemputan Jemaah Haji

Pati, infoseputarpati.com – Menyambut kepulangan para jemaah haji tahun 1443 hijriah, Kantor Kementerian agama Pati akan menerapkan aturan Ketat dalam rangkaian acara penjemputan.

Hal ini dimaksudkan sebagai langkah preventif pencegahan penularan Covid-19. Terlebih para jemaah baru yang datang dari negara lain.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan umroh Abdul Hamid kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pati mengatakan, pada penyelenggaraan haji perdana di masa pandemi ini, pihaknya masih berhati-hati dalam mengatur kerumunan jamaah.

Pada tahun ini, keluarga jemaah juga tidak diperbolehkan menjemput jemaah di Embarkasi Donohudan, Boyolali.

Kebijakan ini mengikuti keputusan dalam sejumlah Rapat Koordinasi Persiapan Masa Pemulangan Jemaah Haji tahun 1443 H/2022 M yang dihadiri seluruh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi se-Indonesia.

Diberitakan sebelumnya, jemaah haji dari Pati akan dipulangkan dalam dua kloter. Adapun kloter pertama dilaksanakan pada hari Jumat (17/7) sebanyak 356 jemaah.

Sementara di kloter kedua akan dilangsungkan tanggal pada hari Sabtu (17/7) sebanyak 333 jemaah.

Penjemputan jemaah di Embarkasi Donohudan Boyolali diterima secara simbolis oleh Bupati Pati dari Gubernur Jawa Tengah. Kemudian digiring ke Pati dengan armada yang ditentukan.

Penjemputan jemaah bisa dilakukan di halaman halaman pendopo Pati tanpa seremonial. Selanjutnya, jemaah haji langsung pulang bersama keluarga tanpa barang bawaan. Sementara untuk acara tasyakuran akan digelar pada Kamis (28/7/2022).

Terkait koper atau barang bawaan jemaah, akan didistribusikan secara bergiliran, diambil di aula Kantor Kemenag Pati.

“Bagasi jamaah nanti dimasukan ke truk bagasi kita langsung turun di aula koperasi kemenag kota hari Sabtu (16/7) jam 08.00 pagi. Diserahkan koper dan air zam-zam 5 liter,” jelasnya.

Hamid mengaku, persiapan penjemputan sudah siap 100 persen. Tim penjemput jemaah haji juga akan diberangkatkan setelah sholat Magrib Besok Jumat malam (14/7).

“Penjemputan dimulai pemberangkatan haji tim habis salat Maghrib dari tim Voorijder, ambulans, petugas pendamping jamaah, truk angkutan bagasi jamaah. Berangkat ke embarkasi (Donohudan),” tandasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari infoseputarpati.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol “Mengikuti”

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Berita Pati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *