Semarak Pertunjukan Kesenian Barongan dan Ketoprak Meriahkan Sedekah Bumi Desa Kedumulyo

Pati, infoseputarpati.com – Dalam rangka perayaan sedekah bumi Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo, pemerintah desa suguhkan pertunjukan kesenian barongan dan pertunjukan ketoprak bagi warga.

Pagelaran tersebut berlangsung di area Objek Wisata Gua Wareh pada Kamis, (30/6/2022) yang diawali dengan pertunjukan kesenian barongan Sido Tresno.

Kelompok kesenian barongan tersebut ada di Desa Kedumulyo sendiri dan sudah sering melakukan pertunjukan ke daerah luar.

Berdasarkan pantauan tim di lapangan, terlihat antusias warga yang datang berbondong-bondong untuk menyaksikan pagelaran barongan yang dilanjutkan pertunjukan ketoprak tersebut.

Hampir seluruh masyarakat baik usia anak-anak, pemuda dan warga usia tua turut meramaikan pagelaran yang berlangsung hingga malam nanti tersebut.

Dalam pergelaran tersebut, pihak pemerintah desa mendatangkan Ketoprak dari Kabupaten Blora yakni New RSB Bangkit.

Melalui informasi yang disampaikan oleh pengurus Objek Wisata Gua Wareh yang merupakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Semar Wareh, Adie Saputro mengungkapkan bahwa dengan adanya pagelaran budaya tersebut merupakan kegiatan yang memang sering dilakukan untuk perayaan sedekah bumi.

“Kalau untuk barongan dan ketoprak memang itu agenda sedekah bumi dalam setiap tahunnya, namun selama Covid-19 kemarin memang belum bisa dilakukan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *