Akibat Sampah Rumah Tangga, Indeks Kualitas Air Pati Buruk

Pati, infoseputarpati.com – Indeks kualitas air di Kabupaten Pati masuk dalam kategori buruk atau tercemar. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pati menyebut, hal ini disebabkan oleh kontaminasi sampah.

Agus Setyaji, Kepala Bidang Penataan Lingkungan kantor DLH Pati mengungkapkan di tahun 2021, Kabupaten Pati hanya mendapatkan poin pengukuran indek kualitas air sebanyak 35,33 persen.

“35,33 ini di buruk. Itu kan dari industri berati warning tahun kemarin. Tahun ini akan kita bandingkan. Kalau dari indeks sini kualitas yang kita ukur” ujar Agus saat ditemui infoseputarpati.com dikantornya.

Agus menjelaskan, ada empat kategori indeks kualitas air yang ditetapkan oleh pemerintah meliputi, poin 90-100 dikategorikan sangat baik, indeks 70-89,9 dikategorikan baik, indeks 50-69,9 dikategorikan sedang, indeks 25-49,9 dikategorikan buruk, dan indeks 0-24,9 dikategorikan sangat buruk.

Lebih lanjut, ia menjelaskan untuk mengukur indek kualitias air ini, diambilkan sample dari lima sungai mewakili pati bagian Utara, Selatan, Barat, Timur dan tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *