Gelar Acara Lamporan, Desa Soneyan Kenalkan Budaya Warisan Leluhur

Pati, infoseputarpati.com – Desa Soneyan, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati pada hari Kamis (25/8/2022) malam, menggelar Grebeg Suro dengan acara Lamporan.

Menurut pemaparan dari Kepala Desa (Kades) Soneyan Margi Siswanto, acara lamporan tersebut rutin diadakan setiap tahun pada bulan Muharam atau suro.

” Ya mas acara lamporan  ini kami laksanakan setiap tahun dalam bulan suro. Karena lamporan ini adalah warisan leluhur yang harus dilestarikan, ” ucap Margi Siswanto saat diwawancarai awak media, (25/8/2022).

Dirinya berharap, acara lamporan tersebut bisa semakin meriah untuk tahun-tahun berikutnya, dan anak-anak bisa mengenal apa itu warisan budaya leluhur.

” Harapan saya semoga acara ini bisa semakin meriah di tahun-tahun yang akan datang, serta anak-anak dan kaum muda bisa semakin mengenal apa itu lamporan, ” harapnya.

Kendati demikian, salah satu tokoh masyarakat yang bernama Handoyo menjelaskan, bagaimana sejarahnya lamporan tersebut bisa terjadi dan dijadikan warisan budaya.

” lamporan atau oncor dulunya adalah sebuah hiburan yang dilakukan oleh para penggembala sapi atau kambing yang diadakan setiap tahun  tepatnya di bulan Muharam/Suro malam Jum’at Wage dengan  harapan semoga hewan peliharaannya dijauhkan dari Balak, ” terangnya.

Lamporan ini merupakan wujud Rasa Syukur kepada Allah sehingga bisa meneruskan tradisi leluhur yang turun-menurun. Tetapi semakin kesini Lamporan yang dulunya diperuntukan hanya para peternak sekarang semua golongan ikut meramaikan acara tersebut , ” sambung dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *