Waspada Musim Kemarau, BPBD Sampaikan 8 Kecamatan di Pati Terancam Kekeringan

Pati, infoseputarpati.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati yang disampaikan melalui Analisis Kebencanaan Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Hermain Teguh Prayetno mengungkapkan setidaknya memasuki pertengahan bulan Agustus ini di wilayah Kabupaten Pati akan mengalami musim kemarau.

Untuk itu, pihaknya mengungkapkan setidaknya terdapat 8 wilayah kecamatan di Kabupaten Pati yang masuk kategori merah dengan ancaman kekeringan tinggi.

“Nah kalau kita lihat berdasarkan informasi BMKG ini ya mas, mereka sudah berani untuk merilis bahwa kita ini saya dah mulai memasuki musim kemarau, begitupun dengan analisis yang kami lakukan. Nah, untuk itu maka di Pati itu juga sudah ada peta ancaman kekeringan yang terjadi di 8 kecamatan itu,” katanya saat ditemui di kantornya pada Kamis, (18/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya menunjukkan melalui peta wilayah ancaman kekeringan tersebut diantaranya yakni Kecamatan Gabus, Kecamatan Tambakromo, Kecamatan Winong dan Kecamatan Pucakwangi.

Sedangkan untuk 4 kecamatan lainnya berada di wilayah bagian timur Kabupaten Pati, yakni Kecamatan Jaken, Jakenan, batangan, Juwana yang masuk dalam kategori merah yang hampir di seluruh desa di wilayah itu.

“Nah ini mas, untuk peta ancaman, jadi yang merah tebal ini semuanya masuk wilayah yang jenengan tanyakan tadi ada Gabus, Tambakromo, Winong, Pucakwangi dan lainnya ini bisa dilihat, kemudian untuk wilayah yang kuning ini kategori sedang dan hijau rendah,” terangnya.

Selain itu, Hermain juga mencoba menjelaskan bahwa ke delapan kecamatan tersebut berdasarkan sejarah topografi merupakan bekas wilayah lautan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *