Akhirnya Aplikasi E-Layanan PBB-P2 Di-launching

Pati, infoseputarpati.com – Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati me-launching aplikasi E- Layanan PBB-P2 hari ini, Rabu (3/8/2022).

Launching aplikasi ini dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto, Sekretaris Daerah (Sekda) Pati Jumani, Camat se-Kabupaten Pati dan beberapa perwakilan Pemerintah Desa.

Melalui aplikasi ini masyarakat bisa membayar Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara online tanpa datang ke Kantor BPKAD. Selain mempermudah pembayaran juga mempercepat proses pelayanan berkas PBB.

Aplikasi berbasis web ini dapat diakses melalui https://pbb.patikab.go.id/.

Kepala Bidang (Kabid) PBB, Udhi Harsilo Nugroho mengatakan, aplikasi ini juga bisa mengurangi banyaknya berkas yang menumpuk di Kantor BPKAD hingga berkas wajib pajak yang terselip.

“Selama ini ada banyak masalah yang dikeluhkan masyarakat. Adanya antrean menumpuk karena banyaknya pemohon. Belum lagi berkas yang terselip karena banyak berkas fisik,” ujar Udhi saat memperagakan penggunaan e-PBB yang baru.

Diakuinya, aplikasi web layanan pembayaran PBB bukan merupakan hal baru. Aplikasi tersebut merupakan upgrade dari aplikasi pertama yang diluncurkan pada tahun 2018.

Aplikasi terdahulu hanya bisa dioperasikan oleh Pemerintah Desa, sedangkan yang baru bisa dikendalikan oleh setiap masyarakat.

Aplikasi baru ini juga dilengkapi berbagai fitur, di antaranya pembayaran, permohonan mutasi, penggabungan, pemecahan hingga permohonan data salinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *