DKP Pati Taksir Bantuan Benih Nila untuk Tambak Terimbas Rob Capai Rp 1,2 Miliar

Pati, infoseputarpati.com – Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan TPI Dwi Endang Subekti mengungkapkan bahwa prediksi bantuan benih ikan nila untuk para petani tambak korban rob pada bulan Mei di area pesisir Pati mencapai total anggaran Rp 1,2 Miliar.

” Kita butuh anggaran sekitar Rp 1,2 Miliar untuk bantuan benih ikan nila. Angka itu berdasarkan kalkulasi dan data yang kita kumpulkan, ” ucap Dwi Endang Subekti, saat ditemui langsung di kantornya, Jumat (1/7/2022).

Angka tersebut didapatkan oleh pihak DKP Pati dengan menghitung persentase luas kolam yang terkena bencana rob tersebut, kemudian dikalikan jumlah benih yang akan dibagikan per individu petambak ikan nila dan harga per biji benih tersebut.

” Dengan perhitungan, tambak yang terkena rob sekitar 2 ribuan Ha, kalau misalkan benih nila yang akan diberikan kepada masing-masing individu sebanyak 10 ribu ekor benih, dengan harga per benih A Rp. 60  akan ketemu di sekitar angka Rp 1,2 M, ” jelasnya secara detail.

Kemudian di sisi lain, Dwi Endang memaparkan terkait perihal bantuan yang akan diberikan untuk petambak di area yang terdampak rob di bulan Mei lalu. Bantuan tersebut sudah diajukan ke tingkat Provinsi Jawa Tengah serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

” Memang benar mas, untuk tahap awal kita selaku Dinas di Kabupaten, langkah yang pertama kita lakukan adalah pendataan kepada korban yang terkena bencana rob kemarin, dan upaya selanjutnya sudah kita ajukan ke tingkat provinsi dan Kementerian Kelautan Perikanan terkait bantuan itu, ” terangnya.

Selain itu, dirinya mengimbau, masyarakat yang terdampak rob supaya bersabar atas bantuan tersebut. Karena bantuan yang diajukan harus melalui proses dan cukup memakan waktu dan tidak langsung bisa cair atau turun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *